SEJARAH KERAJAAN PAGARUYUNG (1500-1825)

Posted By Unknown on Tuesday 6 December 2016 | 06:09




kerajaan pagaruyuang adalah sebuah kerajaan melayu yang pernah berdiri ,meliputi provinsi sumatera barat sekarang dan daerah-daerah sekitarnya.nama kerajaan ini dirujuk dari tambo yang ada pada masyarakat minangkabau ,yaitu nama sebuah nagari yang bernama pagaruyuang
kemudian hari,nama kerajaan ini dapat juga dirujuk dari inskripsi cap mohor sultan tangkal alam bagagar dari negri paguruyung,yaitu pada tulisan beraksara jawi dalam lingkaran bagian dalam yang berbunyi sebagai berikut: "sultan tangkal alam bagagar ibnu sultan khalifatullah yang mempunyai tahta kerajaan dalam negri pagaruyung darul qadar johan berdaulat zillullah fil'alam.

kerajaan ini akhirnya runtuh pada masa perang padri.ditandatanganinya perjanjian antara kaum adat dengan pihak belanda telah menjadikan kerajaan pagruyung berada dalam pengawasan belanda.sebelumnya kerajaan ini tergabung dalam malayapura sebuah kerajaan yang pada prasasti amoghapasa disebutkan dipimpin oleh adityawarman yang mengukuhkan dirinya sebagai penguasa bhumi malayu di suwarnabhumi.termasuk pula di dalam malayapura ialah kerajaan dharmasraya,serta kerajaan atau daerah taklukan adityawarman lainya.

A.BERDIRINYA KERAJAAN PAGARUYUNG

muncul nya pagaruyung sebagai sebuah kerajaan melayu tak dapat diketahui dengan pasti,dari tambo yang diterima oleh masyarakat minangkabau tak ada yang memberikan penanggalan dari setiap peristiwa-peristiwa yang diceritakan,bahkan jika menganggap adityawarman sebagai pendiri dari kerajaan ini,tambo sendiri tidak jelas menyebutkanya,namun dari beberapa prasasti yang ditinggalkan oleh adityawarman,menunjukan bahwa adityawarman memang pernah menjadi raja di negri tersebut.tepatnya menjadi tuhan surawasa,sebagaimana penafsiran dariprasasti batusangkar.dari manuskrip yang di pahat kembali oleh aditywarman pada bagian belakang arca amoghapasa disebutkan pada tahun 1347 adityawarman memproklamirkan diri menjadi raja di malayapura,adityawarman merupakan putra dari adwayawarman merupakan putra dari adwayawarman seperti yang terpahat pada prasasti kuburajo & anak dari jingga ,putri dari kerajaan dharmasraya seperti yang disebut dalam pararaton.ia sebelumnya bersama-sama mahapatih gajah mada berperang menaklukan bali dan palembang pada pemerintahanya kemungkinan adityawarman memindahkan pusat pemerintahanya ke daerah pedalaman minangkabau.

dari prsasti suruaso yang beraksara melayu menyebutkan adityawarman menyelesaikan pembangunan selokan untuk mengairi taman nandana sri surawasa yang senantiasa kaya akan padi yang sebelumnya dibuat oleh pamannya yaitu akarendrawarman yang menjadi raja sebelumnya sehingga dapat dipastikan sesuai adat minangkabau ,pewarisan dari mamak(paman) kepada kemenakan  telah terjadi pada masa tersebut.sementara pada sisi lain dari saluran irigasi tersebut terdapat juga sebuah prasasti yang beraksara nagari atau tamil,sehingga dapat menunjukan adanya sekelompok masyrakat dari selatan india dalam jumlah yang signifikan pada kawasan tersebut.aditywarman pada awalnya dikirim untuk menundukan daerah-daerah penting di sumatera dan bertahta sebagai raja bawahan (upraja) dari majapahit,namun dari prasasti-prasasti yg ditinggalkan oleh raja ini belum ada satupun yang menyebut sesuatu hal yang berkaitan dengan bhumi jawa dan kemudian dari berita cina diketahui adityawarman pernah mengirimkan utusan ke cina sebanyak 6 kali selam rentang waktu 1371-1377 setelah meninggalnya aditywarman,kemungkinan majapahit mengirimkan kembali ekspedisi untuk menaklukan kerajaan ini pada tahun 1409.

legenda-legenda minangkabau mencatat petempuran dahsyat dengan tentara majapahit di daerah padang sibusuk.konon daerah tersebut dinamakan demikian karena banyaknya mayat yang bergelimpangan di sana. menurut legenda tersebut tentara jawa berhasil dikalahkan,sebelum kerajaan ini berdiri ,sebenarnya masyarakat diwilayah minangkabau sudah memiliki sistem politik semacam konfederasi,yang merupakan lembaga musyawarah dari berbagai nagari dan luhak.dilihat dari kontinuitas sejarah kerajaan pagaruyung merupakan semacam perubahan sistem administrasi semata bagi masyarakat setempat.(suku minang).

B. PENGARUH ISLAM DI PAGARUYUNG

perkembangan agama islam sesudah akhir abad ke -14 sedikit banyaknya memberi pengaruh terutama yang berkaitan sistem patrialineal dan memberikan fenomena yang relatif baru pada masyarakat di pedalaman minangkabau .pada awal abad ke -16 ,suma oriental yang ditulis antara tahun 1513-1515 mencatat dari ketiga raja minangkabau ,hanya satu yang telah menjadi muslim sejak 15 tahun sebelumnya.
pengaruh islam di pagaruyung berkembang kira-kira abad ke 16 yaitu melalui para musafir dan guru agama yang singgah atau datang dari aceh dan malaka.salah satu murid ulama aceh yang terkenal  syaikh abdurrauf singkil{teungku syiah kuala} yaitu syaikh burhanuddin ulakan,ialah ulama yang dia nggap pertama0tama menyebarkan agama islam di pagaruyung ,pada abad ke 17 kerajaan pagaruyung akhirnya berubah menjadi kesultanan islam.raja islam yang pertama dalam tambo adat minangkabau disebutkan bernama sultan alif,dengan masuknya agama islam,maka aturan adat yang bertentangan dengan ajaran islam mulai dihilangkan dan hal-hal yang pokok dalam adat diganti dengan aturan agama islam.pepatah adat minangkabau yang terkenal "adat basandi syarak,syarak basandi kitabullah" yang artinya: adat minangkabau bersendikan agama islam ,sedangkan agama islam bersendikan pada al-qura'an.
namun beberapa hal masih ada beberapa sistem dan cara-cara adat masih dipertahankan dan inilah yang mendorong pecahnya perang saudara yang dikenal dengan nama perang padri yang pada awalnya antara kaum padri(ulama) dengan kaum adat,sebelum belanda melibatkan diri di peperangan ini.

islam juga membawa pengaruh pada sistem pemerintahan kerajaan pagaruyung  dengan di tambahnya unsur pemerintah seperti tuan kadi dan beberapa istilah lain  yang berhubungan dengan islam.penamaan nagari sumpur kudus yang mengandung kata kudus yang berasal dari kata quduus(suci) sebagai tempat kedudukan rajo ibadat dan limo kaum yang mengandung kata qaum jelas merupakan pengaruh dari bahasa arab atau islam.selain itu dalam perangkat adat muncul istilah imam,katik(khatib),bila (bilal), malin (mu'alim) yang merupakan pengganti dari istilah-istilah yang berbau hinddu dan buddha yang dipakai sebelumnya misalnya istilah pandito (pendeta).

C.HUBUNGAN DENGAN BELANDA DAN INGGRIS

pada awal abad ke-17 kerajaan ini harus terpaksa mengakui kedaulatan kesultanan aceh dan mengakui para gubernur aceh yang ditunjuk untuk daerah pesisir pantai barat sumatera.namun sekitar tahun1665 .masyrakat minang di pesisir pantai barat bangkit dan memberontak terhadap gubernur aceh.dari surat penguasa minangkabau yang menyebut dirinya raja pagaruyung mengajukan permohonan kepada voc dan voc waktu itu mengambil kesempatan sekaligus untuk menghentikan monopoli aceh terhadap emas dan lada.selanjutnya voc melalui seorang regent nya di padang ,jacob pits yang daerah kekuasaanya meliputi dari kotawan di selatan sampai ke barus di utara padang mengirimkan surat tanggal 9 oktober 1668 di tujukan kepada sultan ahmadsyah,iskandar zul karnain,penguasa minangkabau yang kaya akan emas serta memberitahukan bahwa voc telah menguasai pantai pesisir barat sehingga perdaganggan emas dapat dialirkan kembali pada pesisir pantai.menurut catatan belanda ,sultan ahmadsyah meninggal dunia tahun 1674 dan di gantikan oleh anaknya yang bernama sultan indermasyah.

ketika voc berhasil mengusir kesultanan aceh dari pesisir sumater barat tahun 1666 ,melemahlah pengaruh aceh pada pagaruyung.hubungan antara daerah-daerah rantau dan pesisir dengan pusat kerajaan pagaruyung merupakan salah satu pusat perdaganggan di pulau  sumatera,disebabkan adanya produksi emas disana.demikianlah hal tersebut menarik perhatian belanda dan inggirs untuk menjalin hubungan dengan pagaruyung,terdapat catatan bahwa tahun 1684,seorang protugis bernama tomas dias elakukan kunjungan ke pagruyung atas perintah gubernur jendral belanda di malaka.

sekitar tahun 1750 kerajaan pagaruyung mulai tak menyukai keberadaan voc di padang dan pernah berusaha membujuk inggris yang berada di bengkulu ,bersekutu untuk mengusir belanda walaupun tak di tanggapi oleh pihak inggris.namun pada tahun 1781 inggris berhasil menguasai padang untuk sementara waktu dan waktu itu datang utusan dari pagaruyung memberikan ucapan selamat atas keberhasilan inggris mengusir belanda dari padang.menurut marsden tanah minangkabau disebutnya sudah terbagi atas raja suruaso dan raja sungai tarab dengan kekuasaan yang sama,sebelumnya pada tahun 1732 regent voc di padang telah mencatat bahwa ada  seorang bernama yang dipertuan puti jamilah telah mengirimkan tombak dan pedang berbahan emas ,sebagai tanda pengukuhan dirinya sebagai penguasa bumi emas.walaupun kemidian sesudah pihak belanda maupun inggris berhasil mencapai kawasan pedalaman minangkabau,namun mereka belum pernah menemukan cadangan emas yang signifikan dari kawasan tersebut.

sebagai akibat konflik antara inggris dan perancis dalam perang napoleon di mana belanda ada di pihak perancis ,maka inggris memerangi belanda dan kembali berhasil menguasai pantai barat sumatera barat antara tahun 1795 sampai dengan tahun 1819.thomas stmford raffles mengunjugi pagaruyung pada tahu 1818,yang sudah mulai dilanda peperangan antara kaum padri dan kaum adat.saat itu raffles menemukan ibu kota kerajaan mengalami pembakaran akibat peperangan yang terjadi.setelah terjadi perdamaian antara inggris dan belanda memastikan kembali pengaruhnya di pulau sumatera dan pagaruyung,denga di tanda tanganinya traktat london pada tahun 1824 dengan inggris.

D. RUNTUHNYA PAGARUYUNG

kekuasaan pagaruyung sudah sangat lemah pada saat-saat menjelang perang padri,meskipun raja masih tetap dihormati.daerah-daerah pesisir barat jatuh  kedalam pengaruh aceh,sedangkan inderapura di pesisir selatan praktis menjadi kerajaan merdeka .meskipun resminya masih tunduk pada raja pagaruyung.
pada awal abad ke -19 pecah konflik antara kaum padri dan kaum adat.dalam beberapa perundingan tak ada kata sepakat antara mereka.siring itu dibeberapa negeri dalam kerajaan pagaruyung bergejolak dan puncaknya kaum padri dibawah pimpinan tuanku pasaman menyerang pagaruyung pada tahun 1815.sultan arifin muningsyah terpaksa menyingkir dan melarikan diri dari ibukota kerajaan ke lubukjambi.

karena terdesak kaum padri ,keluarga kerajaan pagaruyung meminta bantuan kepada belanda dan sebelumnya mereka telah melakukan diplomasi dengan inggris sewaktu rafles mengunjungi pagaruyung,serta menjanjikan bantuan pada mereka.pada tanggal 10 februari 1821 sultan tangkal alam bagagar,yaitu kemenakan dari sultan arifin muningsyah yang berada di padang,beserta 19 orang pemuka adat lainya menandatangani perjanjian dengan belanda untuk bekerja sama dalam melawan perang padri,walaupun  sebetulnya sultan tangkal alam bagagar waktu itu dianggap tak berhak membuat perjanjian dengan mengatasnamakan pagaruyung ,akibat dari perjanjian ini belanda menjadikanya sebagai tanda penyerahan kerajaan pagaruyung kepada pemerintah belanda.kemudian sesudah belanda berhasil merebut pagaruyung dari kaum padri,pada tahun 1824 atas permintaan letnan kolonel raff yang dipertuan pagaruyung raja alam muningsyah kembali ke pagaruyung,namun pada tahun 1825 sultan arifin muningsyah raja terakhir minangkabau ini wafat dan kemudian dimakamkan di pagaruyung.

sementara sultan tangkal alam bagagar pada sisi lain ingin diakui sebagai raja pagaruyung.namun pemerintah hindia belanda dari awal telah membatasi kewenanganya dan hanya mengangkatnya sebagai regent tanah datar .kemungkinan karena kebijakan tersebut meimbulkan dorongan untuk mulai memikirkan bagaimana mengusir belanda dari negrinya

setelah menyelesaikan perang diponegoro di jawa ,belanda kemudian berusaha menaklukan kaum padri dengan kiriman tentara dari jawa,madura,bugis dan ambon.namun ambisi kolonial belanda tampaknya membuat kaum adat dan kaum padri berusaha melupakan perbedaan mereka dan bersekutu secara rahasia untuk mengusir belanda.pada tanggal 2 mei 1833 sultan tangkal lam bagagar di tangkap oleh letnan kolonel elout di batusangkar atas tuduhan pengkhianatan.ia dibuang ke batavia samapai akhir hayatnya dan dimakamkan di perkuburan mangga dua jakarta.

setelah kejatuhanya,pengaruh dan prestise kerajaan pagaruyung tetap tinggi terutama pada kalangan masyarakat minangkabau yang berada dirantau.salah satu ahli waris kerajaan pagaruyung diundang untuk menjadi penguasa di kuantan begitu juga sewaktu raffles masih bertugas di semenanjung malaya ,dia berjumpa dengan kerabat pagaruyung di negri sembilan dan raffles bermaksud mengangkat yang dipertuan ali alamsyah yang dianggap masih keturunan langsung raja minangkabau sebagai raja di bawah perlindungan inggris .sementara sesudah berakhirnya perang padri .tuan gadang di batipuh meminta pemerintah hindia belanda untuk memberikan kedudukan yang lebih tinggi dari pada sekedar regent tanah datar yang dipegangnya sesudah menggantikan sultan tangkal alam bagagar,namun permintaan ini ditolak oleh belanda ,hal ini nantinya termasuk salah satu pendorong pecahnya pemberontakan tahun 1841 di batipuh masalah cultuurstelsel.



Blog, Updated at: 06:09

1 comments:

  1. jangan di copas blog aku masbro,, aku capek loh ngetik nya dulu...

    ReplyDelete

Entri Populer

Powered by Blogger.

Blog Archive